1. Pengertian dan
Karakteristik Kelompok
Kelompok
adalah sekumpulan orang yang mempunyai tujuan bersama yang berinteraksi satu
sama lain untuk mencapai tujuan bersama, mengenal satu sama lainnya, dan
memandang mereka sebagai bagian dari kelompok tersebut (Deddy Mulyana, 2005).
Kelompok ini misalnya adalah keluarga, kelompok diskusi, kelompok pemecahan masalah,
atau suatu komite yang tengah berapat untuk mengambil suatu keputusan. Dalam
komunikasi kelompok, juga melibatkan komunikasi antarpribadi. Karena itu
kebanyakan teori komunikasi antarpribadi berlaku juga bagi komunikasi
kelompok.Terdiri dari dua orang atau lebih dalam interaksi sosial baik secara
verbal maupun non verbal. Suatu kelompok memiliki beberapa karakteristik, yaitu
:
a)
Anggota kelompok harus mempunyai pengaruh satu sama lain supaya dapat diakui
menjadi anggota suatu kelompok
b)
Mempunyai struktur hubungan yang stabil sehingga dapat menjaga anggota kelompok
secara bersama dan berfungsi sebagai suatu unit.
c)
Anggota kelompok adalah orang yang mempunyai tujuan atau minat yang sama.
d)
Individu yang tergabung dalam kelompok, saling mengenal satu sama lain serta
dapat membedakan orang-orang yang bukan anggota kelompoknya.
2.
Tahapan Pembentukan Kelompok
Model
pembentukan suatu kelompok pertama kali diajukan oleh Bruce Tackman (1965).
Teori ini dikenal sebagai salah satu teori pembentukan kelompok yang terbaik
dan menghasilkan banyak ide-ide lain setelah kosep ini dicetuskan.
- Tahap 1 – Forming
Pada tahap
ini kelompok baru saja dibentuk dan diberikan tugas. Anggota kelompok cenderung
untuk bekerja sendiri dan walaupun memiliki itikad baik namun mereka belum
saling mengenal dan belum saling percaya.
- Tahap 2 – Storming
Kelompok
mulai mengembangkan ide-ide berhubungan dengan tugas-tugas yang mereka hadapi.
Mereka membahas isu-isu semacam masalah yang harus mereka selesaikan. Anggota
kelompok saling terbuka dan mengkonfrontasi ide-ide dan perspektif mereka
masing-masing. Pada beberapa kasus, tahap storming cepat selesai. Namun ada
pula yang mandek pada tahap ini.
- Tahap 3 – Norming
Terdapat
kesepakatan dan konsensus antara anggota kelompok. Peranan dan tanggung jawab
telah jelas. Anggota kelompok mulai dapat mempercayai satu sama lain seiring
dengan mereka melihat kontribusi masing-masing anggota untuk kelompok.
- Tahap 4 – Performing
Kelompok
dalam tahap ini dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lancar dan efektif tanpa
ada konflik yang tidak perlu dan supervisi eksternal. Anggota kelompok saling
bergantung satu sama lainnya dan mereka saling respect dalam berkomunikasi.
- Tahap 5 – Adjourning dan Transforming
Tahap dimana
proyek berakhir dan kelompok membubarkan diri. Kelompok bisa saja kembali pada
tahap mana pun ketika mereka mengalami perubahan.
3.
Kekuatan Team Work
Berdua lebih
baik dari seorang diri, tali tiga lembar tak mudah diputuskan. Anda tentu ingat
karakter Superman. Tokoh fantasi idola tua muda yang gemar menolong dan menang
melawan segala kejahatan. Almarhum Christopher Reeve menjadi sangat terkenal
ketika ia memerankan tokoh Superman. Mendekati akhir hidupnya, Reeve mengalami
kecelakaan yang mengakibatkan ia lumpuh total. Namun ”Sang Superman”, dengan
bantuan keluarga, rekan dan medis sanggup meneruskan hidupnya dengan baik,
bahkan menjadi sutradara film. Apa yang dapat disimak dari peristiwa ini ? Tak
seorangpun yang benar-benar bisa menjadi Superman. Semua manusia ternyata
saling membutuhkan. Sebuah kekuatan dan kehebatan terletak dari kerjasama dan
sinergi yang harmonis.
Kegagalan
the lone ranger.
Memang benar
ada orang yang memiliki banyak talenta dan sanggup mengerjakan berbagai
pekerjaan sekaligus ( multi tasking). Namun ia tetap membutuhkan orang lain.
Untuk sementara ia kelihatan unggul, tapi sesungguhnya ia tak akan mampu
bersaing menghadapi kekuatan sebuah tim.
Seorang
pemilik perusahaan bermaksud mencari rekanan untuk jasa training di kantornya.
Ia menghubungi sebuah perusahaan training dan menanyakan perihal kompetensi
sang trainer. Dengan bangga sang trainer menjawab bahwa ia sanggup mengajarkan
semua bidang keahlian yang diinginkan pemilik perusahaan. Harapannya ia pasti
memperoleh pekerjaan tersebut. Namun ia harus kecewa, karena ternyata si bos
mencari trainer yang expert pada bidang tertentu dan bukan yang bisa segalanya.
- Di tengah era globalisasi,
spesialisasi sangat diperlukan.
Apa yang dilakukan seorang CEO – Chief Executive Officer untuk membangun tim kerjanya yang solid dan terintegrasi ? Pemimpin yang handal akan membentuk struktur organisasi dengan menempatkan orang yang tepat pada bidangnya dan mampu bekerja sama dengan baik. - Spesifik.
Analogi yang paling tepat adalah jari-jari tangan kita. Bayangkan apa yang terjadi jika kita memiliki jari yang semuanya terdiri atas jempol atau kelingking. Namun jari kita diciptakan sesuai dengan fungsi dan keunikan masing-masing. Keragaman memperkuat fungsi, memperkaya khazanah dan kompetensi dari tim kerja kita. - Delegasi.
Delegasi berbicara mengenai pemahaman fungsi dan tanggung jawab yang harus dilaksanakan. Tim kerja yang tidak jelas job desc nya tidak mungkin dapat bekerja sama dengan baik. Delegasi diawali dengan penempatan yang tepat sesuai kapasitas dan kompetensi masing-masing anggota tim kerja. - Kerjasama.
Si buta dan si lumpuh saling bertetangga, namun saling bermusuhan. Tanpa henti mereka saling mengolok-olok kekurangan masing-masing. Suatu saat desa mereka di landa banjir. Semua penduduk mengungsi ke bukit. Tinggallah mereka berdua. Akhirnya mereka menyadari kesalahan masing-masing dan mau saling menerima. Si buta membopong si lumpuh. Dengan petunjuk si lumpuh, si buta bergegas berjalan naik ke bukit. Setiap manusia punya kelebihan tapi juga kekurangan. Jika belajar untuk saling menerima, sesama manusia akan mudah membangun sinergi dalam tim kerja. - Membiasakan diri bekerja secara tim.Tidak banyak yang memiliki bakat alamiah sebagai pemimpin. Namun sebagian besar pemimpin sulit mendelegasikan atau bekerja sama dengan orang lain. Ego yang kuat dan sulit mempercayai merupakan halangan terbesar dalam tim kerja. Namun hal ini dapat dikelola dan dilatih agar kita tidak terjebak dalam kegagalan the lone ranger. Pemimpin tidak dilahirkan, melainkan dibentuk. Sama halnya dengan tim kerja yang harus dibangun dengan melewati berbagai proses pembentukan. Diawali dengan tahap pengenalan pribadi dan sesama anggota, lalu ada tahap konflik dan perbedaan pendapat. Kemudian terjadi proses saling memahami dan penyesuaian pribadi yang dilanjutkan dengan kemampuan untuk saling mengisi dan sinergi. Ketika seorang merasa lemah, maka anggota tim yang lain akan dapat menolong. Itulah keunggulan sebuah sinergi tim kerja.
KESIMPULAN
Dalam suatu
kelompok, diperlukan dua orang atau lebih. Antar anggota kelompok harus
mengetahui mana anggota kelompoknya dan mana yang bukan, selain itu anggota
kelompok juga harus menjaga keharmonisan antar anggota sehingga fungsi utama
dari kelompok tersebut dapat berjalan dengan baik. Setidaknya dipilih seorang
ketua kelompok yang tegas dan memiliki kharisma sehingga apabila terjadi
konflik antar anggota, ketua kelompok tersebut dapat memberikan keputusan
secara tepat.
Sumber :
0 komentar
Berkomentarlah dengan Bahasa yang Relevan dan Sopan.. #ThinkHIGH! ^_^